Sabtu, 19 Desember 2015

Seberapa Penting RAM untuk Gadget Anda?

Peranan smartphone akhir - akhir ini semakin menjadi kebutuhan utama bagi masyarakan modern di perkotaan. Apalagi tren BYOD ( Bring Your Own Device ) sedang menjadi gaya hidup di kalangan pekerja kantoran di kota besar. Seiring dengan trend tersebut, smartphone tidak lagi digunakan untuk meyelesaikan satu - dua pekerjaan, smartphone moderen dituntut untuk lebih banyak melakukan poses multitasking aplikasi.

Bicara tentang multitasking di smartphone saat ini, sangatlah berkaitan erat dengan perangkat keras bernama RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah memori yang berfungsi menyimpan data sementara pada ponsel saat sedang bekerja. Komponenini membuat waktu akses data pada storage berkecepatan rendah menjadi lebih cepat. Peranan RAM sangat penting karena kecepatan RAM sangat jauh diatas kecepatan storage. Kecepatan RAMinilah yang sebuah perangkat ponsel bereaksi cepat terhadap sebuah perintah, dan melakukan proses pengolahan data yang banyak dalam waktu singkat.

Posisi RAM pada smartphone sangat penting untuk pergantian antar aplikasi berjalan tanpa delay dan juga untuk proses background system dimana pada proses ini aplikasi yang bekerja pada smartphone yang tidak kita sadari selalu digunakan aktif berjalan. RAM juga penting untuk menjalankan beberapa perintah sekaligus, seperti mengolah data dalam aplikasi word processing namun disaat bersamaan dengan mendengarkan musik dan mengunduh data dari internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Salinan Informasi | Designed With By Blogger Templates | Distributed By Gooyaabi Templates
Scroll To Top